Press "Enter" to skip to content

Halo sahabat iPaymu!

Istilah refund dewasa ini umumnya tidak lepas dari kegiatan dan transaksi belanja online. Dimana ada perusahaan berbasis digital yang menjual produk, di situ kemungkinan terdapat kebijakan untuk refund. Pengertian refund sendiri adalah pengembalian dana yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli yang disebabkan berbagai macam alasan. Beberapa di antara Anda mungkin pernah berurusan dengan refund karena berbagai alasan, antara lain:

  1. Produk tidak terkirim
  2. Barang yang dikirim tidak sesuai
  3. Salah transfer dan sebagainya

Dalam kasus refund yang terjadi, akan lebih mudah jika penjual memiliki kebijakan untuk refund sehingga dari pembeli  memastikan proses belanja sudah sesuai dengan yang diharapkan. Penting untuk Anda sebagai pembeli untuk mengecek ketentuan yang disiapkan oleh penjual di toko onlinenya.

Lalu kemana proses refund dilakukan?
Jika Anda memutuskan untuk mengajukan refund, Anda dapat langsung menghubungi penjual. Anda dapat melakukannya melalui telepon, email, atau pesan langsung melalui platform penjual. Atau Anda dapat mengajukan refund melalui iPaymu dengan memastikan terlebih dahulu bahwa platform penjual memang terintegrasi dengan iPaymu, maka iPaymu akan membantu untuk meneruskan permintaan refund Anda kepada Penjual. 

Bagaimana prosedur Refund melalui iPaymu? 

  1. Hubungi team iPaymu
    Silahkan email ke [email protected] dengan menyampaikan alasan atau pun masalah terkait transaksi yang akan dilakukan refund
  2. Sertakan Bukti Pembelian
    – Struk pembayaran atau faktur (baik dalam bentuk foto ataupun screenshot)
    – Email konfirmasi pembelian
    – Nomor pesanan atau tanda terima
  3. Tunggu Proses Verifikasi Pengajuan refund Anda
    Proses verifikasi pengajuan refund Anda akan disampaikan oleh pihak iPaymu kepada Penjual. Proses verifikasi ini biasanya memakan waktu, terutama jika terdapat banyak permintaan refund atau jika ada kebutuhan untuk mengklarifikasi informasi lebih lanjut. Jika ada perbedaan antara informasi yang Anda berikan dan data yang ada di sistem penjual, Anda mungkin akan diminta untuk memberikan informasi tambahan.
  4. Konfirmasi Pengembalian Dana oleh Penjual
    Jika permintaan refund Anda disetujui oleh Penjual, Anda akan menerima konfirmasi bahwa pengembalian dana akan diproses oleh penjual. Konfirmasi ini mungkin dikirimkan melalui email atau pesan langsung (WA/SMS), dan biasanya akan mencakup informasi tentang jumlah dana yang akan dikembalikan dan bentuk pengembaliannya. Pastikan untuk menyimpan konfirmasi ini sebagai bukti bahwa refund Anda sudah dalam proses dan sebagai referensi jika diperlukan.
  5. Tunggu Proses Pengembalian Dana
    Proses pengembalian dana mungkin memerlukan waktu. Jika Anda menggunakan pembayaran elektronik, seperti Kartu Kredit, pengembalian dana biasanya akan muncul dalam beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada SOP pengembalian dana di masing-masing Bank. Jika Anda melakukan pembayaran tunai, penjual mungkin akan mengirimkan dana kembali melalui transfer bank. Waktu pengembalian dana juga bisa dipengaruhi oleh prosedur internal penjual dan kebijakan perusahaan. Jika Anda tidak menerima pengembalian dana sesuai dengan waktu yang dijanjikan, jangan ragu untuk menghubungi penjual untuk meminta informasi status pengembalian dana Anda.
  6. Verifikasi Pengembalian Dana
    Setelah dana dikembalikan, pastikan untuk memverifikasi bahwa jumlah yang diterima sesuai dengan jumlah yang dijanjikan dalam konfirmasi pengembalian dana. Pastikan bahwa dana telah masuk ke rekening atau kredit kartu Anda. Jika ada ketidaksesuaian, segera hubungi penjual untuk mengklarifikasi masalah tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu!🤗

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *