Press "Enter" to skip to content

Halo Sahabat iPaymu!

Metode pembayaran online adalah cara pelanggan untuk membayar barang dan jasa. Dengan maraknya marketplace, e-commerce dan toko online untuk bertransaksi online, kini metode pembayaran di Indonesia sudah sangat bervariasi.

Dalam menjalankan bisnis online, ada hal yang harus dipikirkan salah satunya yaitu metode atau channel pembayaran. Penting nih untuk memberikan kemudahan pembayaran agar pembeli kamu senang berbelanja di toko onlinemu. Nah #teamiPaymu sudah merangkum beberapa metode pembayaran favorit di Indonesia:

1. Transfer bank
Metode transfer bank ini mengarah pada metode online dan offline untuk mengirimkan sejumlah dana dari satu akun ke akun lain. Metode online dan offline yang dimaksud adalah ketika pembayaran dilakukan melalui ATM atau teller bank. Memilih metode transfer melalui ATM, berarti pembeli harus menyisihkan waktu dan tenaga untuk melakukan transaksi jenis ini. Atau bisa juga melakukan transfer uang melalui Mbanking atau Internet banking.

Alasan mengapa masyarakat Indonesia memilih metode pembayaran tertentu bukan semata-mata hanya soal kepraktisan saja yang menjadi pertimbangan. Namun faktor kebiasaan dan tingkat kepercayaan juga berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang mereka lakukan.

2. Virtual Account (VA)
Melalui virtual account, pembeli tidak perlu repot melakukan konfirmasi pembayaran. kamu hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor Virtual Account milik kamu. Virtual Account berupa sebuah nomor ID customer yang dibuat oleh Bank sesuai permintaan sebuah perusahaan untuk melakukan transaksi. Untuk setiap transaksi, customer akan dirujuk ke ID virtual account yang disebut sebagai nomor virtual account. Virtual account ini berbeda dengan Bank transfer. Kamu nggak perlu lagi minta dikirimkan screenshot bukti transfer karena transaksi akan dikonfirmasi otomatis.

3. Cash on Delivery (COD)
Cash on Delivery (COD) menjadi salah satu pembayaran favorit customer toko online di Indonesia. Alasan utamanya adalah karena calon pembeli tidak perlu membayar apapun sampai barang diterima. Hal ini tentunya memberikan kepercayaan kepada para pembeli yang belum pernah memiliki pengalaman berbelanja secara online.

4. QRIS
Salah satu inovasi sistem pembayaran digital yang memberikan dampak positif bagi masyarakat adalah QRIS. QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS merupakan standar kode QR Nasional, yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019 untuk memfasilitasi pembayaran dengan menggunakan kode QR di Indonesia.

Seringkali nih saat bertransaksi dengan dompet digital, kita pasti melakukan pembayaran dengan scan pada QR Code, karena sudah terbukti mampu mempercepat dan mempermudah proses transaksi. Adanya QR Code juga menunjang transaksi cashless dan cardless (tanpa kartu) yang kini sedang digaungkan di mana-mana. Kehadiran QRIS turut mendukung physical distancing dan protokol kesehatan. Karena transaksi benar-benar non tunai dan tidak perlu ada kontak fisik.

5. Convenience Store (Alfamart & Indomaret)
Apakah kamu seorang pelaku usaha yang kebanyakan customer-nya tidak memiliki rekening bank? Atau apakah kamu ingin menambahkan metode pembayaran untuk memberikan kebebasan lebih bagi customer untuk membayar? Jika jawabannya adalah iya, sudah saatnya nih kamu mempertimbangkan untuk menerima pembayaran melalui retail outlet seperti Alfamart dan Indomaret untuk bisnis kamu!

Dengan penerimaan pembayaran melalui Alfamart dan Indomaret, pembeli kamu dengan mudah akan bisa melakukan pembayaran tunai secara praktis. iPaymu telah bekerja sama dengan Alfamart dan Indomaret yang sudah merambah kepelosok-pelosok daerah untuk mengoptimalisasikan transaksi kamu agar semakin pesat.

6. Cicilan Tanpa Kartu Kredit
Cicilan tanpa kartu kredit adalah solusi bagi kamu yang ingin membeli barang impian tapi tak punya dana dalam jumlah besar. Sesuai namanya, dengan fitur ini kamu bisa membeli barang dengan cara mencicil tapi tanpa perlu kartu kredit. Saat ini, masyarakat mengenal dua jenis cicilan tanpa kartu kredit di pasaran, yaitu cicilan tanpa kartu kredit dan PayLater.

Secara fitur keduanya mirip, hanya bedanya cicilan tanpa kartu kredit biasanya untuk tenor pinjaman lebih panjang, sementara PayLater biasanya ada pilihan untuk 30 hari dan cicilan biasanya hanya untuk tiga bulan saja. Saat ini banyak perusahaan financial technology alias fintech yang menyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit. Nah, jangan khawatir! iPaymu juga memiliki layanan cicilan tanpa kartu kredit loh! Dalam hal ini iPaymu bekerja sama dengan Akulaku. Akulaku menyediakan kredit hingga lebih dari Rp15 juta dengan tenor hingga 15 bulan dan bunga hariannya 0,9 persen. Kamu juga bisa berbelanja di merchant iPaymu yang sudah mengaktifkan channel pembayaran Akulaku.

Mengingat banyaknya metode pembayaran yang ada, pemilik bisnis seperti kamu tentu perlu menyesuaikan sistem pembayaran untuk mengakomodasi kebutuhan pembeli. Tanpa harus membuka banyak akun rekening bank, kartu kredit, atau e-wallet, kamu bisa menyediakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pembeli melalui layanan pembayaran yang disediakan oleh iPaymu.

iPaymu Superpay adalah salah satu payment solutions di Indonesia yang berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan para pebisnis online dalam bertransaksi dengan menyediakan berbagai macam sistem pembayaran. Jangan ragu untuk menghubungi iPaymu via WhatsApp dengan klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

Yuk, sudah saatnya nih bisnis kamu meroket bersama iPaymu!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email:¬†[email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *