Press "Enter" to skip to content

Sedekah adalah salah satu ajaran dalam agama yang sangat ditekankan pentingnya. Tidak hanya sebagai kewajiban, sedekah juga memiliki manfaat besar baik bagi yang memberi maupun yang menerima.

Sudahkah kamu bersedekah hari ini? Melalui Dompet Sosial Madani, kamu dapat bersedekah dengan mudah dan membantu mereka yang membutuhkan 😇

Dompet Sosial Madani (DSM) adalah lembaga filantropi yang berfokus terhadap pemberdayaan ibu dan anak pra sejahtera menjadi mandiri, berkarakter dan mencintai lingkungan. Yuk, jadilah #SobatBerbagi dan dukung Dompet Sosial Madani mewujudkan perubahan sosial yang lebih baik dari kota membangun pelosok desa!

 Nah, berikut ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Andy Krisna – Direktur Dompet Sosial Madani – @dompetsosial 👇🏼

Dompet Sosial Madani (lembaga lokal Bali), lahir di Bali dari tahun 2001 dimulai dari aktivitas pegawai di sebuah instansi pemerintahan waktu itu yang memulai untuk melakukan perhimpunan Zakat, Infaq dan Wakaf. Kami menyalurkan wakaf-wakaf ini kepada fakir miskin yang ada di provinsi Bali dan sekitarnya. Kemudian kita juga melakukan aktivitas pemberdayaan keluarga miskin khususnya bagi Ibu dan Anak. Kenapa harus Ibu dan Anak? Karena Ibu kalau di keluarga miskin itu menjadi tulang punggung keluarga bahkan anak pun juga kadang turut menjadi bagian mencari nafkah. 

Layanan yang tersedia saat ini untuk memfasilitasi penggalangan donasi yang dilakukan oleh Dompet Sosial Madani salah satunya adalah untuk secara online (penggalangan dana online), alhamdulilah saat ini kita sudah memiliki beberapa platform untuk website Dompet Sosial Madani (https://www.dompetsosial.id/), adalah untuk web / blog jejak kebaikan, jadi disana ada informasi kegiatan-kegiatan kita, penyaluran, program, pemberdayaan, pelatihan kemudian beasiswa semua ada disana. Sedangkan untuk penggalangan dana kita memberikan fasilitas namanya bisasedekah.id, tapi aksesnya bisa masuk juga dari dompetsosial.id, nanti akan link kesana, disana ada menghitung zakat seperti apa, zakat penghasilan kita. Disana juga ada kalkulator zakat, bisa menghitung dari sana atau konsultasi langsung secara online dengan tim kami juga bisa. Atau memilih program yang diminati seperti program yatim, bedah rumah, program pemberian modal, atau program – program kemanusiaan / bencana, ucap Andy Krisna selaku Direktur Dompet Sosial Madani.

Untuk zakat ada beberapa jenis, tapi secara garis besar ada 2 Zakat Maal & Zakat Fitrah (setiap Ramadhan) kita donasikan dengan membayar beras atau uang yang nanti dibelikan beras sejumlah atau sebesar 2,5 kg. Sedangkan untuk Zakat Maal kita bisa menghitung selama 1 tahun, berapa harta yang sudah kita kumpulkan nanti dari situ misalnya kita sudah mengumpulkan zakat dari penghasilan kita dalam 1 tahun kalau kita tafsir misalnya sesuai dengan nisab 85 gram emas, nah kalau hari ini sekitar 1,2 anggap saja sekitar 150 juta. 1 tahun kita punya harta 150 juta dari misalkan bulan Juni, maka ketemu Juni tahun 2025 kita wajib menunaikan Zakat Maal sebesar 2,5% kalau dari nilai 90 juta maka ketemu di angka kira-kira 1,750 juta maka yang itu kita tunaikan. Yang menarik dari prinsip zakat itu, kalau kita punya harta, produktif, maka nilai dari zakat itu bisa lebih kecil. Kalau kita punya aset misalnya disewakan, maka hasil dari sewanya di zakatkan bukan dari nilai asetnya. Misalkan kita punya villa seharga 5 milyar jadi zakatnya bukan dari 2,5% x 5 milyar bukan ya 😀 tetapi 2,5% x hasil berapa yang harta dihimpun selama 1 tahun tersebut (berdasarkan pendapatannya bukan nilai asetnya). Tapi kalau kita menyimpan aset aja misalnya berupa villa sebesar 5 milyar kita gak ada apa-apain nih, kita simpan biar lebih mahal / tinggi harganya dalam 1 tahun maka kita wajib menunaikan 2,5% x 5 milyar, kenapa sih kita kok diwajibkan seperti itu bagi umat Islam, karena itu adalah hak fakir miskin, kita boleh menjadi sangat kaya tapi kita punya kewajiban seperti diperintahkan sebagaimana sholat maka untuk mengeluarkan zakat yang itu kita berikan ke fakir miskin atau 8-7 golongan yang lain. 

Tips untuk membangun kepercayaan di masyarakat menurut Dompet Sosial Madani:
Lembaga Zakat itu modal utamanya yaitu kepercayaan, karena kita tidak memberikan timbal balik berupa barang maupun jasa. Jadi orang melakukan zakat karena kesadaran / keinginan untuk berbagi. Sehingga harus kita rawat, salah 1 merawatnya yaitu:

  1. Kita memperhatikan aspek syariatnya, bagaimana zakat itu dikelola, siapa yang berhak menerima, secara teknis dia harus di survey dan sebagainya. Sehingga memang betul orang yang menerima itu benar orang yang membutuhkan yang sesuai bantuan yang kita berikan. 
  2. Aspek legalnya. Karena zakat sudah diatur dalam Undang-Undang zakat no 25 tahun 2011, maka kita harus mendaftar jadi dalam hal ini DMS sudah terdaftar sebagai lembaga zakat skala provinsi, yang izin dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Jadi teman-teman bisa mengecek di Kementerian Agama RI jika kita sudah terdaftar. Kita juga sudah terdaftar di Kementerian Keuangan dalam hal ini terkait dengan pajak. Jadi teman-teman yang menunaikan zakat dapat menjadi pengurang penghasilan terkena pajak bukan mengurangi pajaknya ya 😀 sehingga ketika kita menunaikan zakat sedekahnya, teman-teman bisa melampirkan nota / kwitansi / bukti zakat yang sudah kita berikan untuk sebagai pengurang penghasilan kena pajak. 

Di website kami ada juga laporan keuangan yang sudah diaudit, ada kegiatan photo, juga ada campaign yang kita salurkan, teman-teman bisa cek disana 😀 ucap Andy Krisna.

Kategori dalam program zakat di Dompet Sosial Madani: contoh di dalam pendidikan ada program keunggulan kita berupa Paket Anak, Paket Anak di dalamnya ada subprogram seperti beasiswa, asrama, pemberian gizi, pelatihan dan pendampingan. Nah, maka program ini yang perlu kita perhatikan yaitu siapa yang akan kita bantu, apakah itu anak yatim atau dhuafa. Kita bisa menjaring di sekolah-sekolah, laporan yang masuk atau hasil dari survey teman-teman di lapangan, kita kelola atau kita bina. Sehingga dalam penyaluran zakat yang paling kita perhatikan apa saja kebutuhan mereka. Kenapa nama programnya Paket Anak karena pada dasarnya kita ingin menguatkan potensi yang dimiliki anak yatim supaya menjadi mandiri, berdaya ketika sudah lulus SMA / lulus kuliah. Barangkali ada yang kuat secara kecerdasan, dia bisa kuliah. Mungkin secara fisik ada yang kuat, bisa ke olahraga atau keterampilan fisik ya kita arahkan supaya nanti siap menghadapi kehidupan.

Untuk program donasi infrastruktur di Dompet Sosial Madani salah satunya yaitu rumah bagi keluarga yang tidak mampu. Kenapa rumah ini penting walaupun mereka mungkin tidak memiliki rumah secara permanen setidaknya mereka punya tempat tinggal, dengan tempat tinggal tersebut dalam artian mereka bisa fokus dalam mencari nafkah. 

Yang banyak kita bantu kalau di Bali ini kebanyakan keluarga-keluarga yang sudah lansia. Sehingga mereka hidup dengan layak, sehat dan memiliki hidup yang lebih baik. 

Terkait program bantuan rumah, kita membedah rumah-rumah yang sangat tidak layak / kurang layak, yaitu lansia. Kita bisa bantu atau kita bekerjasama dengan donatur-donatur untuk memperbaiki. 

Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit dari rezeki atau pun penghasilan kita semua, dikarenakan menyisihkan artinya untuk membantu, memberi bantuan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Dan bisa disalurkan ke Dompet Sosial Madani. 

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Dompet Sosial Madani. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

 

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *