Press "Enter" to skip to content

Halo Sahabat iPaymu!

Industri teknologi semakin berkembang, semakin banyak bisnis berbasis teknologi. Berbagai perusahaan banyak memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan produk atau layanan yang di miliki. Ada banyak pihak yang terlibat dalam terciptanya sebuah aplikasi atau program. Yups, salah satunya adalah Programmer.

Menjadi Programmer adalah salah 1 profesi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama bisnis atau perusahaan yang berbasis teknologi. Profesi Programmer terbilang cukup menjanjikan. Pasalnya selain dianggap keren, profesi programmer juga terkenal akan potensi gajinya yang begitu menggiurkan. Sebab itulah banyak anak muda bermimpi untuk menjadi programmer handal.

Namun sebelum itu, apakah kamu sudah tahu apa saja tugas ataupun skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer? Yuk pahami dulu..
1. Apa itu Programmer?
Programmer adalah orang yang bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi. Tugasnya mencakup semua proses pengembangan perangkat. Mulai dari proses menyusun rancangan, membuat atau mengembangkan perangkat, menguji perangkat, memodifikasi hingga merawat perangkat lunak. Biasanya, tugas-tugas ini dibagi pada beberapa Programmer yang ada dalam tim. Namun, tidak jarang semua tugas tersebut harus dikerjakan oleh satu orang saja.

Sistem yang dibuat oleh programmer pun bermacam-macam, bisa berupa website, web app, software, ataupun aplikasi mobile. Untuk membuatnya pun, ada banyak bahasa pemrograman yang harus dikuasai, seperti PHP, Python, Java, JavaScript, dan lainnya.

2. Jenis-Jenis Programmer
– Web Developer
Ada 3 jenis web developer:
• Front End Developer
• Back End Developer
• Full Stack Developer
– Software Developer
– Mobile App Developer
– Data Scientist
– Data administration

3. Tugas Programmer
– Menganalisis program yang dibutuhkan
– Merancang model system
– Menulis kode program
– Melakukan debugging
– Menguji program

4. Skill yang wajib dikuasai
– Menguasai Bahasa Pemrograman
– Memahami Sistem Operasi
– Memahami Konsep dan Kebutuhan Program
– Memahami Database
– Memiliki Soft Skill yang Memadai
– Keterampilan komunikasi
– Memahami Bahasa Inggris

Di dunia ini, banyak sekali Programmer yang membangun program dengan banyak pengguna. Berikut beberapa contoh Programmer sukses yang dapat menginspirasikan kamu, yang sudah di rangkum oleh #teamiPaymu dari berbagai sumber:
1. Tim Berners-Lee
Tim Berners-Lee adalah pencipta World Wide Web. Ia mendesain dan membangun sistem dari akses internet yang kamu gunakan sekarang. Programmer ini juga yang membuat website pertama kali dengan bahasa pemrograman HTML hingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.

2. Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin adalah pendiri Google, sebuah mesin pencarian terbesar saat ini. Keduanya memulai project Google pada tahun 1996, ketika masih menjadi mahasiswa di Stanford University. Kala itu, baik Larry Page dan Sergey Brin sangat tertarik pada sistem mesin pencarian. Mereka tidak puas atas mesin pencari di internet saat itu, Page Rank. Dari sanalah muncul ide Google, yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya dapat diakses sehingga bermanfaat bagi semua orang. Sistem Google bekerja dengan mendasarkan struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat setiap website. Nah, peringkat tersebut akan ditampilkan dalam mesin pencari, sesuai dengan kata kunci yang diinput.

3. Bill Gates
Programmer sukses selanjutnya yaitu Bill Gates, pendiri Microsoft dan sistem operasi Windows.
Permainan Tic-Tac-Toe adalah program komputer pertama yang dibuat oleh Bill Gates. Setelahnya, Ia fokus menekuni programming dan membangun Microsoft bersama Paul Allen. Hingga saat ini, lebih dari 75% pengguna komputer di dunia menggunakan sistem operasi Windows. Selain itu, Microsoft pun berekspansi dengan mengeluarkan banyak varian program, seperti Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, Microsoft Excel, dan sebagainya.

4. Matt Mullenweg
Pada 2002, Matt Mullenweg merupakan seorang pengguna blog b2/cafeblog, sebuah platform untuk mempublikasikan blog atau konten penggunanya. Akan tetapi, b2/cafeblog ternyata berhenti dalam mengembangkan softwarenya pada tahun itu. Dari sana, muncul ide dari Matt yang mengembangkan program dengan sistem seperti b2/cafeblog. Hingga pada Januari 2003, terciptalah WordPress yang saat ini menjadi platform blogging nomor satu di dunia dengan lebih dari 30 juta website aktif.

5. Mark Zuckerburg
Mark Zuckerberg merupakan programmer sukses yang mendirikan Facebook pada tahun 2004. Proses pemrogramannya pun hanya dilakukan di kamar asrama kampusnya. Awalnya, Facebook hanya diperuntukan bagi mahasiswa Harvard University, tetapit secara perlahan mulai digunakan luas dan berhasil menjadi platform media sosial nomor satu.

Itu dia pembahasan tentang apa itu Programmer, mulai dari pengertian, jenis, tugas, hingga skill yang dibutuhkan. Udah siap menjadi Programmer? Apapun bidang programming yang kamu pilih, terus asah skillmu dan perbanyak pengalaman dengan mengerjakan berbagai project pribadi atau bersama.

Jika kamu tertarik menjadi bagian Developer / team teknis iPaymu, kamu bisa mengirimkan CV kamu ke [email protected]

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *