Press "Enter" to skip to content

Panggilan untuk semua Dokter Estetika & Para Owner Klinik Kecantikan di Indonesia📢🥳 iPaymu akan ngobrol santai dengan SWAM.id bersama Dr. Juli Karijati – Chief Executive Officer Swam.id

Cocok banget nih untuk kamu yang memiliki teman/saudara/kerabat yang berprofesi sebagai Dokter Estetika & Para Owner Klinik Kecantikan yang mau belajar bisnis kecantikan dari mentor yang sudah berpengalaman agar bisa hasilin cuan 🤑🙌🏼 Dr. Juli akan bercerita strategi bagaimana mengembangkan network bisnismu hingga ke kancah Internasional.

SWAM.id adalah seminar untuk bidang estetika yang ditujukan bagi dokter yang ingin meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan estetika dan kedokteran. Yuk, miliki kesempatan besar untuk bertemu dengan banyak orang yang bekerja di industri medis. Sekitar 2.000 dokter setiap tahun menghadiri SWAM, dan tentunya kamu bisa bertemu dengan mereka semua.

Berikut ringkasannya 👇🏼

Swam ini sebenarnya merupakan singkatan dari Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine dimana memang khusus bukan dunia di estetik saja namun estetik medis lebih tepatnya. Dan kami ini adalah pelopor acara yang menggabungkan antara seminar, workshop dan exhibition dalam dunia estetik medis. Dan ini berdiri sejak tahun 2005, nah event kami ini berangkatnya dari tingkat nasional dulu kemudian hingga sampai sekarang ini kita sudah menginjak ke ranah internasional. Nah, untuk tingkat nasionalnya kita sudah ada di berbagai provinsi, ada di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Batam. Sedangkan, yang Internasionalnya kita ada di Tangerang & Ekuador Amerika Selatan, ucap Dr. Juli Karijati – Chief Executive Officer Swam.id

Q: Latar belakang pesertanya memang untuk dokter-dokter estetika, nah sebetulnya untuk kepentingannya selain membikin network itu apa? Apakah ada poin atau kredit sendiri yang apabila untuk dokter-dokter estetika ini mengikuti event dari Swam.id bisa menambah itu atau bagaimana?
A: Sebenarnya gak ada istilah dokter estetika, yang ada itu cuman dokter umum dan dokter spesialis. Kami ini adalah dokter-dokter yang tergabung dalam 1 keseminatan yaitu estetik medis. Ketika kami ingin mengembangkan dunia estetik medis, kita benar-benar ranahnya adalah bukan dunia estetik doang yang sifatnya beauty tapi kita lebih ke arah estetik medis. Jadi yang dasarnya memang adalah medis, gitu 😀 Nah, event ini tentunya juga bekerja sama dengan Kemenkes sehingga kami memiliki kredit poin yang mana setiap dokter itu harus mengumpulkan poin kalau memperpanjang izin prakteknya. 

Q: Untuk kredit poin yang dikumpulkan itu parameternya untuk memperpanjang praktek sampai seberapa?
A: Yang ini kan sudah ada perubahan ya, kalau jaman dulu yang sebelumnya peraturan yang baru itu kita harus mengumpulkan 250 poin, tapi kalau sekarang ini ada yang baru, kebetulan kami kurang paham ya untuk nilainya berapa. Namun, setiap kali event biasanya kami mendapatkan 5 kredit poin untuk event-event kami.

Q: Untuk brand Swam.id ini sebetulnya apa sih yang mendorong untuk membangun atau mendevelop Swam.id ini ya, mungkin bisa disampaikan?
A: Ini pertanyaan yang saya tunggu-tunggu ya, luar biasa pertanyaan ini 😀 Saya mau cerita sedikit ya, pada tahun 2000,-an itu dunia estetik mulai diminati oleh masyarakat sebagai salah 1 kebutuhan sehari-hari. Baik dalam untuk bekerja, kita juga butuh penampilan, juga untuk yang lainnya. Nah, saat itu banyak sekali korban dari kegiatan orang yang pengen cantik, yaitu antara lain misalnya banyak korban penyuntikan silikon, masyarakat ya. Jaman itu ada suntik silikon hidung, bibir, dagu, kemudian bahkan alat kelamin pun juga mereka suntik. Nah, selain itu juga pada sekitaran tahun segitu, banyak sekali beredar obat-obat pemutih kulit, untuk wajah, badan tapi yang tidak berizin, tidak ada BPOMnya. Nah, saat itu kami para dokter yang tertarik pada dunia estetik medis ini mulai tergelitik ingin menyelamatkan masyarakat agar mereka itu mendapatkan perawatan yang benar & perawatan yang basic nya adalah medis. Jadi bukan asal-asalan begitu, semua pasti ada research nya kalau di dunia kedokteran. Nah, saat itu kami belajar di luar negeri karena pada tahun-tahun segitu Indonesia belum punya wadah untuk para dokter yang tertarik di dunia estetik medis ini untuk belajar tentang estetik medis lebih dalam. Bahkan pada saat itu, dunia estetik medis itu masih dianggap sesuatu yang kontroversi, sesuatu yang dianggap gak ada nilainya, sesuatu yang dianggap gak ada harganya sehingga oleh sebagian dokter. Pada saat itu kami bertekad untuk menghimpun para dokter-dokter untuk dapat belajar bersama & sharing bersama tentang estetik medis. Nah, saat itulah acara kami itu mulai lahir hingga sampai saat ini yang  tadinya kita mengadakannya hanya setahun sekali tapi karena peminatnya cukup banyak akhirnya kami merambah ke berbagai kota besar & juga ke dunia Internasional. Jadi perkembangannya ya memang cukup pesat ya dari tahun 2005 hingga sekarang.

Q: Dengan perkembangan saat ini ya, artinya Swam ini sudah mencoba memulai mengedukasi secara tidak langsung mulai dari lingkup sisi para tenaga medis & dokternya, bagaimana sebetulnya melakukan treatment di dunia estetik secara benar. Nah, apa yang sudah mungkin Swam amati secara bersama perkembangan treatment untuk estetik sendiri sampai saat ini sudah sampai titik mana kalau dulu yang tadinya masih banyak yang pemutih sembarangan & suntik yang tidak sesuai dengan prosedur. Sampai saat ini apakah  hal-hal tersebut sudah bisa ter-edukasi dengan baik, masyarakat & apakah memang sudah cukup bagus perkembangan perawatan estetik di Indonesia?
A: Untuk saat ini luar biasa karena sekarang ini masyarakat sudah banyak yang melek akan bahayanya sesuatu produk-produk yang tidak berBPOM, kemudian tindakan-tindakan medis yang dilakukan bukan oleh para dokter. Jadi, dulu yang suntik-suntik itu kan banyak dilakukan di salon, nah sekarang ini pemerintah sudah mulai mengketati hal-hal demikian & tidak boleh ada penyuntikan di salon. Kita semua sudah harus mendirikan klinik kalau untuk memulai melakukan tindakan-tindakan medis & itu sekarang pemerintah sudah sangat mendukung.

Q: Kalau untuk tenaga pengetahuan, apa yang sudah dilakukan Swam ini untuk perkembangan pengetahuan dari rekan-rekan dokter yang mengikuti tentang treatment estetika ini bagaimana? Apakah memang sudah cukup meningkat dengan adanya beberapa program pergelaran event dari Swam ini?
A: Setiap kali event Swam ini kami selalu menampilkan para narasumber dokter-dokter yang memang kompeten di bidangnya. Jadi kita memang menjaga kualitasnya disana, karena kami memang pelopor. Jadi kita sudah banyak dicontek sama orang, tapi ya kita mau nya yang terdepan 😀 untuk pembicara pun kami juga tidak segan-segan mendatangkan dari luar negeri, atau pembicara di Indonesia pun juga gak kalah bagusnya kok. Jadi kita sudah tahu, karena kita sudah berpengalaman di dunia itu, sehingga kami sudah bisa memilih pembicara-pembicara yang layak & pantas untuk kita tampilkan di acara kami, Swam.

Q: Swam ini juga memiliki pergelaran yang tidak hanya di Indonesia, tapi juga sampai ke luar negeri. Sebetulnya apa yang ingin dicapai oleh Swam ini, strateginya mengembangkan & jaringan-jaringan bisnisnya, jaringan edukasi & networknya sebenarnya saat ini mau apa & goalsnya mau kemana?
A: Memang sebenarnya Swam ini tidak berhenti sampai di ranah Nasional saja. Kami memang mengembangkan sampai ke Internasional, karena harapan kami mau tidak mau & perlu di akui bahwa di luar negeri sana memang jauh lebih cepat perkembangan ilmu & teknologinya. Nah, dengan menjalin hubungan yang baik dengan pihak luar negeri terutama dengan para organisator disana. Kami dengan mudah itu dapat mengadopsi / dapat mengundang para pembicara asing untuk hadir di Indonesia. Sehingga mereka dapat menularkan & mengajarkan ilmunya ke kita 😀 itu adalah salah 1 trik kami untuk menjaga kualitas dari Swam sendiri.

Q: Sampai sejauh ini untuk peminatnya dari tahun ke tahun mengalami kenaikan gak untuk mengikuti pergelaran event Swam?
A: Wah sangat meningkat 😀 jauh meningkat banget. Kalau dulu kita itu hanya tahun 2005 kami pertama kali mengadakan itu hanya 100 peserta. Lalu sampai saat ini sudah sampai ribuan bahkan peserta asing pun ada yang hadir. Jadi bukan narasumber aja ya, tapi pesertanya pun juga dari peserta asing juga ada, gitu. Bahkan yang cukup membanggakan sebenarnya adalah para dokter asing ini gak sungkan-sungkan meminta berbicara di acara kita itu. 

Q: Kalau mau gabung di pergelaran event Swam sebetulnya syaratnya apa saja? Misalkan mungkin ataukah harus dokter? Atau mungkin tidak berstatus dokter tapi orang yang tertarik dalam dunia estetik atau bagaimana?
A: Syaratnya sebenarnya mudah 😀 Jadi kita punya 2 jenis seminar, yang 1 adalah memang khusus untuk dokter, yang mana kita gelar yang tadi itu. Kemudian 1 lagi kita punya untuk orang yang / pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis estetiknya. Nah itu bisa bisnis owner, bisa manajer klinik, bisa dokter kalau dia ingin mengembangkan kliniknya juga bisa ikut di acara kami. Yang nanti akan diadakan di Jakarta, pada tanggal 21-23 Juni 2024 yang namanya Fund-B (Fundamental Bisnis). Yang mana bentuk seminarnya adalah Bootcamp, jadi kami akan mengadakan semua apa yang biasanya terjadi di suatu bisnis estetika. Itu apa saja yang harus kita tahu, baik mulai dari tax, mengatur supaya efisien gak besar-besar bayar pajaknya namun legal. Kemudian, bagaimana kita mengatur keuangannya, bagaimana cara kita membranding diri kita maupun skincare kita, maupun klinik kita untuk bisa FYP di Tiktok nanti, misalnya seperti itu 😀 dan masih banyak lagi yang lain. 

Q: Untuk lokasinya dimana ini Ibu Dokter?
A: Lokasi eventnya kita ada di Jakarta, di hotel Vertu Harmoni.

Q: Syarat untuk mengikuti event Fund-B apa saja? Biayanya berapa?
A: Kalau untuk Fund-B harganya 7juta rupiah, namun pada saat ini kami masih ada special price di angka 5juta 500ribu rupiah. Silahkan bergabung bila ingin tahu lebih lanjut, silahkan bisa melihat di Instagram kami yaitu https://www.instagram.com/swam_id/

Q: Untuk Fund-B selama 3 hari ini, bisa mengikuti 1 hari atau harus mengikuti full selama 3 hari?
A: Untuk acaranya kita gak jual acara satu hari-satu hari, tapi itu memang 1 paket, memang kita jual dalam 3 hari. Sayang sekali kalau hanya mengikuti 1 hari, karena ini akan berkesinambungan terus, jadi sayang kalau cuman di ikuti hanya 1 hari saja.

Q: Untuk selama acara Fund-B nanti terbagi dalam beberapa topik ya tentunya, dan kita gak hanya berbicara bisnis, kita juga berbicara beberapa detail-detail produk seperti itu atau bagaimana?
A: Kalau untuk acara ini, ada guest star nya juga. Orang yang memiliki 1 bisnis yang dia bisa menjadi besar, itu akan kami jadikan guest star kami sehingga para peserta paling tidak dapat insight dari pebisnis ini yang sudah berhasil. Tapi yang gak kalah pentingnya untuk Fund-B ini sebenarnya adalah menjalin network, karena disini memang kita tidak melulu hanya dokter ya, tapi semua pebisnis estetik yang tertarik untuk mengembangkan estetiknya bisa bertemu disitu 😀 

Q: Untuk narasumber dari acara Fund-B, apakah rata-rata ada yang dari luar negeri juga? Atau dari Indonesia semua?
A: Untuk Fund-B ini gak Pak, memang kita khusus dari Indonesia karena mengingat bahasa yang harus dipergunakan ya.

Q: Kalau mengikuti seminar dari Swam.id, syaratnya kan tadi tidak hanya dokter saja. Tapi juga untuk pebisnis, apa saja sebetulnya mungkin kalau untuk dokter selain menambah pengetahuan, apakah ada kesempatan-kesempatan terobosan entah itu mungkin kolaborasi pendidikan atau bagaimana?
A: Kalau untuk para dokter ini, sebenarnya banyak. Memang ilmunya dia harus dapatkan, ilmu ini terkait sama kredit poinnya dia juga. Sebagai dokter dituntut juga untuk belajar terus ya. Kemudian, dia juga punya network dengan para peserta pameran alkes (alat kesehatan), sehingga mereka dapat mengembangkan kliniknya. Dan tentunya gak kalah pentingnya adalah reuni 😀 jadi reuni teman-teman sejawat itu, kalau mereka reuni itu kan banyak sharing ya. Jadi antar 1 dokter di daerah sini, di daerah lain itu bisa saling sharing. Sehingga ketika mereka sharing, koneksi baru bisa terjadi. Jadi seru deh itu 😀

Berikut pesan dari Dr. Juli Karijati – Chief Executive Officer Swam.id 👇🏼

“Bagi para peminat dunia bisnis estetika, silahkan Anda bergabung di acara kami yaitu Fund-B (Fundamental Bisnis), yang akan diselenggarakan di Jakarta di Hotel Vertu Harmoni pada tanggal 21-23 Juni 2024. Silahkan mendaftar & dapatkan manfaatnya”

“Akhir-akhir ini marak sekali seminar sejenis dengan Swam yaitu acara estetik medis yang membuat dokter maupun para peserta pameran bingung harus memilih event yang mana yang harus saya ikuti, tentunya yang paling penting  kita harus pintar memilih mana yang harus kita pilih (event nya banyak nih), yang perlu diingat adalah ingat seminar estetik medis, ingatlah Swam karena kami adalah pelopor di dalam dunia Seminar & Workshop in Aesthetic Medicine.”

Hubungi Swam.id :
Website
https://swam.id/
📍Perdesti Global Medicom (PGM)
Jl. Raya Dharmahusada Indah No. 108G, Surabaya
📞 031-59176386
Instagram: https://www.instagram.com/swam_id/

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Swam.id. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

 

 

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *