Press "Enter" to skip to content

Belanja produk lokal kini lebih gampang! Dengan kemudahan teknologi saat ini kamu pun bisa belanja & transaksi secara online. 🔥💸

Kamu bisa temukan berbagai produk berkualitas dari pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang siap memenuhi kebutuhanmu secara online. Salah 1 toko online yang mendukung produk UMKM yaitu UKMPUSAT (toko online) yang menyediakan produk original dari UMKM di Indonesia yang dimiliki oleh Yumarsono Muhyi, ST, MM, M.Kom sebagai Founder UKM Pusat.

Yuk, dengarkan kisah inspiratif UKMPusat untuk membantu para UMKM memasarkan produk mereka di #iPaymuTalk.

Setiap pembelian yang kamu lakukan, gak hanya mendapatkan produk terbaik, tapi juga mendukung pengusaha kecil untuk terus berkembang.🥳

Berikut ringkasannya 👇🏼

Pada prinsipnya semua UMKM dan semua orang yang memiliki usaha / bisnis harus mendefinisikan dirinya dengan baik ya, maka UKM Pusat mencoba definisikan bahwasanya UKM Pusat adalah Penyedia layanan ekosistem UKM yang terbuka, terpercaya & transparan untuk membantu produsen & konsumen untuk retail & grosir dalam bertransaksi langsung secara lokal dan nasional menggunakan solusi digital yang terjamin langsung, aman, cepat & andal. Ini merupakan rangkuman perjalanan yang cukup panjang ya termasuk terlibat di dalamnya, ikut menjalani juga sebagai UMKM (mulai dari bawah dulu) 😀 Ada hal yang dibutuhkan oleh para UMKM pada umumnya ya, itu untuk bisa naik kelas. Naik kelas itu ada beberapa pilar-pilar, salah 1 nya adalah digital. Dan di saat yang sama, itu tidak cukup mudah buat UMKM untuk segera go – digital (tidak semudah diucapkan atau di tonton ya) 😀 Misalnya UKM mau ngirim barang, ya pasti UKM mulainya dari rumah lah, atau dia merancang produknya / barangnya, lalu ketika dia barangnya sudah jadi, gimana ngirimnya. Ok sudah ada kurir-kurir ya, lalu case berikutnya “kirim dulu” atau “bayar dulu”, maka solusi-solusi digital yang mudah dan cepat bisa diterima oleh UMKM itu menjadi penting dan UKM Pusat berniat mengupayakan dengan sangat untuk bisa mewujudkan itu karena kami sendiri juga merasakan hal itu dan disaat yang sama kami juga disebutlah cukup kompeten, cukup mampu lah untuk menjalani memberikan layanan digital, ucap Yumarsono Muhyi, ST, MM, M.Kom – Founder UKM Pusat.

Q: Ada beberapa pilar yang memang harus di cermati terutama untuk skala UMKM ya untuk digital, dan memang ini PR semua pihak baik untuk UKM maupun UMKM sebagai pelakunya dan juga platform-platform seperti UKM Pusat ini. UKM Pusat berdiri untuk memfasilitasi atau mensupport pertumbuhan atau perkembangan UMKM. Kendalanya seperti apa sih Mas? Memahami teknologi digitalkan perkembangannya cukup berat ya. Apa yang dilakukan UKM Pusat untuk mengangkat UMKM naik kelas terutama dari sisi pengelolaan / pemanfaatan teknologi digital?
A: Sepertinya klise ya kalau dari sisi digital, kita akan menyediakan platform e-commerce, kalau itu keniscayaan ya bahwasanya harus tergantung dalam suatu entitas digital Mas Adit 😀 UKM itu harus kumpul, jadi memang tidak bisa sendiri-sendiri, begitu. Kita bangga dengan produk kita tapi jangan lupa untuk naik kelas selain digital juga perlu kolaborasi. Gak bisalah kita ngerjakan semua itu sendiri apalagi ada yang tidak mampu ke digital. Solusinya apa? Memang harus bikin platform, tapi platform yang seperti apa? Kalau platform yang besar-besar mereka sudah menawarkan banyak solusi ya. Nah, ukmpusat.com, platformnya masih berjalan ya & sudah nyambung dengan iPaymu. COD sudah bisa berjalan, transaksi sudah bisa berjalan, tinggal kami naikkan ke production. Kami juga lagi bentuk beberapa stock point berbekal dengan COD yang ada di iPaymu. Ada di Jogja, Bali, Bogor dan beberapa tempat. Kita kumpul dalam platform yang mempermudah semuanya & mengamankan semuanya (barangnya dikirim lewat mana > selesai ke COD), kemudian kirim dulu atau transfer dulu? Nah, COD juga sekaligus jawaban ya tapi ada yang bisa gak yang tanpa COD? Kalau tanpa COD sekarang resikonya di sisi buyer kan, emangnya barang dikirim bener seperti yang diminta? 😀 

Q: Arti dari brand UKM Pusat adakah? Apakah ada makna tersendiri?
A: Betul ada historynya 😀 sekali lagi ini cukup panjang perjalanan dari semenjak pandemi ya, cukup kuat sehingga bentuk dari perenungan yang mendalam itu ketika diimplementasikan salah 1 nya adalah tepat sasaran ya ketika bikin istilah karena di lamunin terus 😀 sebenarnya kita awalnya mau bikin nama itu “UKM Center” 😀 cuman karena terlalu barat & kita ini pengen nyentuh UKM, kita bukan nyentuh orang yang well educated, crazy rich gak juga 😀 Kita pengen mengajak semua orang, jadi kita pakai UKM Pusat. Terus juga kami melakukan riset ya, kata apa yang pendek terkait dengan bisnis UKM tapi juga bisa mengajak orang langsung to the point, bahwasanya memang kami ini fokus kepada 1 hal & memang kami ini serius. Jadi memang jawabannya harus ada kata-kata pusat, nah setelah itu dari kata-kata pusat ini akan muncul interpretasi lain di individu masing-masing, dan itu malah menarik. Menariknya itu ketika orang bilang “UKM Pusat”, itu langsung ada yang bilang pusatnya pusat apa ini? Pusat koperasi atau apa dan segala macem. Walaupun di belakang kami ada legal koperasi ya, tapi maksudnya ya silahkan saja berkembang. Semakin bertanya-tanya orang dengan 2 kata sederhana orang bertanya-tanya & secara digital untuk sosmednya kena semua. ukmpusat.com di instagram, twitter, youtube & segala macam semuanya ukmpusat. 

Q: Bagaimana membuat komunitas dari berbagai macam latar belakang UMKM, bagaimana Mas Muhyi bisa memfasilitasi itu semua & bisa membentuk sebuah komunitas yang sangat besar ini menjadi komunitas yang semakin kuat & akhirnya bisa diluncurkan platform ini. Cara pendekatannya itu seperti apa tipsnya?
A: Saya suka mengajar, saya guru & saya dosen juga. Jadi, saya suka berbagi & saya tidak merasa rugi ketika berbagi. Saya share apapun yang saya rasa saya mampu & orang perlu ya saya share 😀 tentunya juga harus melihat, orang butuhnya apa informasinya dan intinya saya berikan apa saja yang mereka mau. Nah, dari hal yang seperti itulah nampaknya mungkin orang-orang cukup suka karena gak pelit-pelit banget. Tapi disisi lain, saya juga gak bisa mengajak orang berbuat yang sama. Teman-teman kalau mau gabung silahkan, www.ukmpusat.com/wag, itu isinya orang-orang keren isinya, dan banyak yang silent reader 😀 kalau ngomong soal orang yang kaya gitu ya, di group itu banyak. Dan mereka menikmati itu 😀 ini kan seru juga ya, karena orang berbagi dan segala macam. Biarkan mereka berinteraksi 1 sama lain. 

Q: Ada ketentuan UMKM yang join?
A: UKM Pusat yang namanya platform harus menjamin keamanan dan segala macam. Maka, secara legal saya membahas legal standing, supaya teman-teman tidak khawatir. Pertama, kita adalah mitranya iPaymu. Jadi sudah aman untuk channel pembayaran. Kedua, legal sebetulnya di belakang kami itu legalitasnya koperasi. Itu tidak kami angkat ya, agar tidak banyak persepsi ya. Walaupun, kalau gak legal di pertanyakan juga 😀 kalau legalnya PT, tambah tanya lagi. Tapi kalau legalnya koperasi ya lagi banyak stigma lah, stigma positif, stigma negatif tentang koperasi. Tapi bagaimanapun juga, legalnya itu sebetulnya aman. Nah, aspek yang ketiga adalah aspek digitalnya. Kami juga mengembangkan platform digital, kami ada berbekal koperasi tadi itu ya. Bahwasanya kami punya koperasi di belakang layar yang komunitas itu oleh founder & co-foundernya, komunitas ini terhitung per bulan kemarin, itu ada 127 koperasi yang menjadi komunitas. Ini foundernya langsung ngomong & yang meng-claim ini potensinya mencapai 1 juta anggota koperasi resmi terdaftar di Kemenkop. Itu adalah market kita. Jadi, sebetulnya bagi pemilik produk & jasa nanti akan kami lempar ke segmen market yang besar ini. Silahkan tawarkan apapun & berikan penawaran yang menarik. Bagi sebagian orang pada umumnya WhatsApp group hanya untuk sarana broadcast ya kadang-kadang, tapi juga di saat yang sama bagi yang belum melakukan penawaran ya sebaiknya mulai bikin penawaran 😀 kalau tidak ada penawaran, kita mau bisnis apa. Setelah bikin penawaran, kualitasnya harus dijaga & membangkitkan trust kepada pelanggan.

Q: Saat ini fitur-fitur yang tersedia apa saja & apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh UKM Pusat ini untuk memfasilitasi UKM-UKM yang ada di luar sana?
A: Saya juga langsung ingin mengucapkan terima kasih kepada iPaymu, karena yang membedakan platform kita dengan lainnya adalah kebersamaan kita. Kedua, platform kami bisa langsung online dengan pembayaran apapun untuk produk apapun bagi anggota UKM Pusat punya. Mau bayarnya melalui VA, QRIS, dan lain-lain. Kemudian, fitur lainnya kita bisa melakukan web check-out, ini potensi besar ya khususnya keunggulan para produsen bahwasanya seringkali yang awalnya bayar dulu atau segala macem, tapi kalau kita sudah terfasilitasi dengan digital pembayarannya, ada web check-out segala macam, pembeli merasa aman, seller/penjual juga merasa aman semua terdata dan seterusnya. Apalagi di web check-out itu ada fitur CODnya iPaymu. Itu keren banget, asli keren banget 😀 dengan fitur-fitur lainnya nanti akan kita infokan untuk anggota. 

Q: Sampai saat ini bagaimana perkembangannya bentuk edukasi / respon yang dilakukan oleh UKM Pusat terhadap merchant-merchant / mitra tentang keberadaan platform UKM Pusat ini?
A: Secara umum memang merchant-merchant itu menunggu action dari UKM Pusat. UKM Pusat sedang berkejaran waktu untuk bisa memenuhi harapan dari para anggotanya maupun dari para stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya, juga dengan beban kerja di internal kami khususnya di aspek digital & SOP. Kita berikan yang terbaik untuk anggota, mohon bersabar sedikit lagi kita finalisasi semuanya. Kita launching sama-sama, kita keren bareng 😀

Q: Kalau untuk harga produk ada ketentuan kah? Minimal & maksimalnya? Atau bebas berapa aja?
A: Karena UKM Pusat ini adalah platform, jadi sebetulnya itu diserahkan pada masing-masing anggota nanti yang produknya masuk. Dari kami tidak ada batasan, silahkan saja. Nanti kan batasan-batasan organiknya akan muncul dari sisi logistiknya minimum bayar, dari sisi COD ada minimum bayar berapa, gitu ya 😀

Q: Apakah ada kategori produk yang memang sudah di skemakan untuk teman-teman UMKM ini atau bahkan mungkin juga memfasilitasi beberapa produk yang bersifat digital?
A: Jadi produk-produk yang kita offer itu mengikuti market, yang mana kebanyakan lebih dari separuh persentase itu adalah produk kuliner. Walaupun tidak membatasi kuliner silahkan saja, yang pasti barangnya bisa di kirim 😀

Q: Mengembangkan platform ini, Mas Muhyi memiliki tim yang seperti apa? Soulnya agar tetap bisa memiliki spirit tetap berinovasi dan juga kreatif?
A: Perjalanan pengalaman dari pribadi dan tim yang cukup panjang ya dalam dunia UMKM, consulting dari sisi financing mikro juga, kemudian dari aspek digital. Maka itu memadai buat kami, membuat menu digital produk yang cukup menarik. Dan kami tidak kehabisan ide. Kalau kami ketemu, idenya selalu keluar dari 3 aspek tadi (digital, finance, consulting) itu secara bidang. Kalau orangnya saat ini yang saya itung ada termasuk koperasi-koperasi yang banyak tadi itu ada 4. Dan istilah UKM Pusat ini, atau UKM Center ya awalnya kami masih inget waktu rapat ber4 😀 Lalu, karena sulit mencari UKM Center, inisiatif saya, saya ganti menjadi UKM Pusat. Nah, kebetulan yang terpenting juga memang knowledge digitalnya itu harus lumayan. Harus ada kemampuan IT yang memadai, sehingga mudah gabung dengan payment gateway seperti iPaymu. Integrasikannya dengan website, kami juga akan mengintegrasikannya dengan Whatsapp, itu memang perlu knowledge. Jadi, IT termasuk porsinya yang terbesar tapi tidak yang dominan. 

Q: Saat ini untuk anggota dari group UKM Pusat kira-kira sudah berapa untuk mengakomodir UMKM & juga dari paling banyak ini dari lini bidang bisnis apa ini Mas?
A: Saat ini di group memang kita belum melakukan digital marketing lagi, jadi isi group sekitar naik turun 350 dan kami juga tahan di situ. Nantinya kalau terlalu banyak, gak perform.

Q: Tips untuk teman-teman UMKM yang ada di luar sana, mungkin ada teman yang baru memulai atau bahkan ada yang ingin naik kelas?
A: Ya mulai saja apapun yang bisa kita lakukan. Kalau kita punya produk, ya kita perbaiki terus produk itu agar semakin baik, layak jual & omsetnya naik. Kalaupun kita tidak punya barang, saya yakin setiap manusia punya kelebihan. Tidak perlu harus menjadi makelar ya supaya menjadi “kaya”, tapi kita bisa memulai dari diri kita sendiri. Investasi yang paling utama adalah diri kita sendiri. Kita berpikir tentang diri kita, usaha, mau ngapain itu investasi 😀 Itu nilainya sangat berharga, jadi buat kita yang baru mulai, jangan terlalu takjub melihat orang yang naik BMW, kan teman-teman gak merasakan perihnya mereka itu pakai sandal jepit 😀 sementara kita baca WA lalu bermimpi “enak juga ya” 😀 tapi mereka sudah berinvestasi yang sangat besar. Kalau mengutip dari kata Mas Helmi Yahya ya, orang konglomerat itu semua bisa menjual, tidak semata-mata menjual makelar, bukan. Gak sesederhana itu ya, tapi kita harus punya sesuatu di pribadi kita, yang bisa kita lakukan (banyak sekali), kita kerjakan dengan semua pribadi kita (konsultasi online, ngajar online, training online, bikin konten) itu gak butuh siapa-siapa, itu bisa kita lakukan. Masalahnya, siap gak kita mulai? 😀

KONTAK KAMI:
📍Vila Mutiara Bogor G-3/2, RT.02/RW.12, Kel. Mekarwangi, Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat 16168
Group Whatsapp UKM Pusat: www.ukmpusat.com/wag

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama UKM Pusat. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *