Press "Enter" to skip to content

Saham merupakan salah satu sarana investasi yang menawarkan potensi keuntungan tinggi, namun dengan risiko yang tinggi pula yang dapat di antisipasi. Secara jangka panjang, saham cenderung memiliki tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada instrumen investasi alternatif seperti emas dan obligasi.

Kamu punya uang tapi bingung mau investasi apa? Coba berinvestasi di saham dan lihat bagaimana uang kamu bisa tumbuh lebih cepat. Bingung mau belajar saham dimana? Berikut ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Andy Resta – Technology Officer @referstock_insight 👇🏼

“Investasi saham adalah sederhananya seperti kita kalau beli emas, kita beli emas dan kita berharap harga emas di masa mendatang naik harganya & kita akan jual di masa depan dengan harga yang lebih tinggi. Saham juga sama demikian, kita beli saham. Saham itu merupakan kepemilikan perusahaan. Jadi kita beli berupa lembaran-lembaran saham dan kita harap kedepannya harga saham itu akan jauh naik lebih tinggi ketika kita jual. Sederhananya seperti itu 😀 ucap, Andy Resta.

“Jadi awal berdirinya Referstock adalah dari munculnya banyak issue, dulu waktu tahun 2020 banyak pemula-pemula yang terjun ke dunia saham. Dan mereka tidak tahu (asal) membeli saham, saham yang dibeli adalah saham yang kurang bagus secara fundamental mereka beli dan akhirnya nyangkut. Darisana, munculnya ide untuk membuat sebuah platform yang namanya adalah Referstock. Platform Refestock merupakan platform untuk merekomendasikan saham yang fundamentalnya bagus secara submental dan technical nya. Platform ini juga GRATIS dan bisa diakses. Ada websitenya juga https://referstock.com, jadi teman-teman bisa akses kesana, bisa lihat saham-saham mana yang bagus. Disana ada skornya juga, skor itu menandakan dari skala 0-100. Yang skore 100 artinya nilai fundamentalnya layak untuk dibeli (untuk diinvestasikan).”

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Referstock:
“Referstock berdiri di awal tahun 2024, yak kami baru 😀 Disini kami baru menyediakan sebuah informasi (insight) positif dari skor-skor fundamental yang kami ringkas. Jadi biasanya itu seperti ini, kalau orang yang sudah punya uang pertanyaannya adalah saham apa yang mau aku beli. Kalau di pasar modal itu ada sekitar 800 lebih saham, kalau analitik satu-satu kita capek 😀 gak selesai-selesai, harga sahamnya udah keburu naik 😀 Nah, dari situlah kita menyediakan sebuah summary, dimana saham-saham ini yang bagus mana aja, bisa diakses. Jadi, mereka tinggal pilih aja saham-saham yang di sektor keuangan, sektor perbankan, sektor komoditas, disana ada skor-skornya semua. Mana saham-saham yang bagus mereka tinggal pilih untuk berinvestasi, itu salah 1 fitur keunggulan kami.

Ada juga fitur keunggulan lainnya yaitu rekomendasi technical. Technical ini juga tidak berdasarkan pompom ya. Technical ini kami rangkum dengan cara mengkombinasikan 16 analisa technical menjadi 1, kemudian kita bisa tahu sampai sekiranya bisa naik 2-3 hari atau seminggu kedepan berdasarkan kajian ilmiah. Ada fitur view chart, jika ingin menganalisa lebih dalam yang mau lihat charting nya gimana bisa darisana”

Q: Aku mau investasi saham, tapi takut boncos. Bagaimana ya?
A: Kalau mau berinvestasi saham, harus memiliki akun sekuritas. Bisa daftar (banyak sekuritas di Indonesia) nanti bisa browsing sendiri untuk mendaftar investasi saham. Saham apa yang mau dibeli, bisa lihat di Referstok, di daftar saham beserta skornya. Bisa cari aja skor-skor yang paling tinggi 70%-100% yang layak untuk diinvestasikan. Untuk investasi sendiri caranya banyak ya atau istilahnya seperti menabung saham. Kita mencicil setiap penghasilan kita untuk menabung saham. Tentunya di perusahaan-perusahaan bagus ya, itu nilai mutlak. Cari perusahaan yang bagus, jangan cari yang dibina fundamentalnya tidak bagus itu bisa jadi boomerang untuk kita.

Q: Dilihat dari website ada fitur untuk edukasi, bagaimana dukungan Refestock untuk pengguna saham (pemula) memberikan edukasi, pemahaman serta tips edukasi?
A: Tipsnya adalah kita menyediakan channel akun youtube, atau photo-photo di instagram kami juga sering membagikan konten di sosial media kami. Atau teman-teman bisa bertanya ke CS support Referstock untuk bertanya-tanya mengenai saham.

Q: Kalau beli saham, kapan profitnya bisa kita terima?
A: Profit bisa kita terima. Ketika kita sudah memilih saham yang bagus. Dan kita tau momentum dimana perusahaan ini sedang downtrend atau perusahaan sedang uptrend. Biasanya momen-momen ini ada di bulan April – Mei sedang downtrend. Ketika menjelang Juli akan naik. Sebetulnya bulan ini waktu yang tepat untuk melakukan investasi. Kondisi global juga sangat berpengaruh ya. Jadi ketika di politik sedang tidak lagi stabil, pasar saham cenderung naik turun. Kalau mau instant profit bisa coba di jalur trading. Ikut trading juga ada resikonya, mengalami lost dan demikian. Tapi sebenarnya itu bisa juga di minimalisir, meminimalisir adalah menggunakan analisa teknikal yang matang. Di Referstock sendiri member-member kami juga sudah kami berikan setiap hari saham-saham yang berpotensi naik dan win ratenya ada di angka 75% artinya misalkan ada 100 saham yang kami rekomendasikan itu ada 75 saham lebih yang profit di kemudian hari.

Q: Untuk pemula kira-kira investasi saham berapa ya?
A: Untuk pemula saya sarankan sesuai dengan dana alokasi. Mungkin di angka 20juta, jangan 20juta ini diberikan ke 1 saham. Kita harus beli ke saham-saham dengan sektor yang berbeda. Kalau kita pemula dengan porsi yang sedikit-sedikit saja. Misalnya 5 lot dulu, nanti bisa ditambahkan lagi, sewaktu lagi turun bisa ditambah lagi lotnya (cicil lah istilahnya)

Q: Ada tips gak bang kalau lagi loss?
A: Kalau lagi loss kita harus tahu dulu berapa skornya sewaktu beli saham. Dia tergolong skor kategori yang bagus atau yang jelek. Kalau ternyata yang di beli skornya tinggi ya bagus, kalau lolos gak usah khawatir kalau kita punya dana lagi, kita bisa top-up lagi. Tapi kalau saham-saham yang kita beli memang skornya jelek, salah satunya kita bisa cut loss ya. Karena tidak ada yang bisa menjanjikan kurang bagus pada saat itu. Atau kita bisa alihkan ke perusahaan-perusahaan yang memang punya skor-skor yang tinggi. 

Q: Untuk kedepan Referstock ada pengembangan fiturkah?
A: Kedepan kami akan mengembangkan platform mobile. Kemudian juga kalo di mobile manajemen kita lebih erat, karena kami akan selalu memberikan insight-insight saham-saham yang bagus. Momentum-momentum yang bagus untuk berinvestasi, dan mungkin kita akan memberikan analisa teknikal trading untuk teman-teman yang suka trading. Mudah-mudahan tahun ini akan segera launching 😀

Q: Cara beli saham di Referstock bagaimana bang?
A: Referstock bukan platform jual beli saham ya 😀 Referstock adalah platform untuk memberikan insight, informasi saham-saham yang ngetrend atau saham-saham yang bagus untuk berinvestasi.

Tips untuk melakukan investasi di Referstok menurut Andy Resta – Technology Officer @referstock_insight:

  1. Pilih nilai yang mutlak, pilih saham yang skornya tinggi, fundamentalnya yang bagus.
  2. Melihat momentum, melihat momentum berinvestasi saat ini di bulan Juli. Waktu di awal-awal bulan Juli adalah momen yang bagus untuk melakukan investasi. Nanti pada akhir-akhir tahun ini kita bisa jual. Kita bisa masuk lagi di pertengahan bulan Mei.

Contact Center:
WA : 6281 217 589 531
Instagram : DM @referstock_insight
Email : [email protected] 

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Referstock. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *