Press "Enter" to skip to content

Buat kamu yang ingin menjelajah Indonesia bagian timur, terutama di Flores, yuk merapat di #iPaymutalk! 🏝️⛵

 Kupas tuntas keindahan alam dan kekayaan budaya Flores bersama Hubertus Jehaman – Owner Indonesia Flores Tour @indonesiaflorestour. Temukan destinasi memukau, aktivitas petualangan, tips traveling, dan tradisi unik yang menjadikan Flores sebagai surga wisata di Nusa Tenggara Timur.

Nah, berikut ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk 👇🏼

Indonesia Flores Tour merupakan perusahaan perencana & penyelenggara perjalanan Pariwisata. Mulai berbisnis dari tahun 2008 / 2009. Lalu tahun 2015 berdiri & registrasi di Kemenkumham secara legal terdaftar pada tahun 2019 / 2020. 

Mulai berbisnis dikarenakan melihat potensi pariwisata yang ada di Flores, “kita sebagai putra Flores dengan keahlian dan experience yang dimiliki oleh kita selama di Pariwisata boleh dong kita coba berdiri sendiri untuk bisa mendapatkan direct customer & memperkenalkan autentik Flores sesama orang Indonesia (sesama saudara-saudara kita sendiri) maupun orang luar”, ucap Bang Berto sapaan akrabnya. 

Untuk lokasi wisata yang menarik, Flores itu sebenarnya surganya para penyelam, khususnya untuk teman-teman yang berminat untuk eksplor wisata di bawah laut. Flores di bagian barat,  ada banyak sekali destinasi kelas-kelas dunia untuk diving yang ingin melihat ikan, terumbu karang yang bagus. Alam-alamnya inilah yang membuat para driver (penyelam) ingin ke Flores untuk explore ingin melihat langsung.

Yang paling populer untuk destinasi banyak ya, ada adventure laut, alam maupun yang di darat. Kalau mau explore Flores lebih jauh lagi bukan bagian pesisir bagian barat ada tempat wisata namanya Danau Kelimutu (danau 3 warna) yang terdapat di bagian timur Flores, ada juga Kampung Di Atas Awan di sebelah barat Flores. 

Durasi untuk explore Flores menurut Bang Berto kalau mau explore semua dari ujung barat ke timur, timur ke barat itu sekitar 12 hari atau 2 minggu, itu sudah pas 😀 tapi 12 hari ini kita sebagai orang Indonesia untuk liburan mungkin 5 – 6 hari, tapi tergantung dari konsep – konsep paket wisata yang kita create ini. Karena dari setiap perhentian kabupaten memiliki masing – masing keunikan wisatanya sendiri. Kalau saya bisa merekomendasikan, jika ada yang mau ke Flores, bagusnya dari Jakarta / Yogyakarta atau Surabaya ke Denpasar, dia flight dulu ke Timurnya Flores di Maumere dan sisir terus ke bagian pesisir Maumere & ada banyak melewati pulau – pulau yang ada disana bermalam 2 – 3 hari setelah itu ke West dan seterusnya ke Labuan Bajo.

Q: Disana ada binatang apa saja?
A: Flora & Fauna di Flores sangat beragam. Peninggalan yang sekarang cuman binatang Komodo, selain itu di wilayah yang lain ada rusa, kerbau liar, kuda liar dan lainnya. Kalau ada yang suka melihat burung-burung, ada banyak 😀 

Q: Untuk saat ini kunjungan persentase antara wisatawan lokal & mancanegara seberapa banyak? Lebih banyak yang mana?
A: Let’s say dari masa covid, kita di selamatkan oleh wisatawan lokal. Banyak dari wisatawan Jakarta, Surabaya, Kalimantan itu yang setelah pre covid / pemulihan awal-awal masa covid diramaikan oleh mereka sekarang sudah banyak yang datang. Yang lagi trend saat ini kan open trip / sharing trip yang weekend banyak datang dari mereka. Untuk presentasinya 60:40% menurut yang saya lihat, lebih banyak 2 / 3 tahun belakangan ini yang datang dari wisatawan kita (domestik). Untuk diving dari mancanegara, Eropa Barat seperti Inggris, German, Belanda, Prancis, Spanyol masih mendominasi, malah Australia yang kurang, USA ada.

Q: Mencakup areanya dimana saja Bang? Apakah cukup di Flores saja atau beberapa tempat lokasi destinasi wisata lainnya di Indonesia Timur untuk Indonesia Flores Tour ini?
A: Kita juga merambah ke Sumba, Alor untuk di daerah NTT.

Untuk sahabat iPaymu yang ingin contact Indonesia Flores Tour bisa di Address: Jl. Danau Tamblingan No.198, Sanur, Denpasar Selatan, Bali 80228. Phone: 0821-4683-7571 | E-mail: [email protected]

Q: Itinerary nya bisa request dari kita atau sudah ditentukan dari Abang sendiri?
A: Bisa request sendiri. Di digitalisasi jaman sekarang ini untuk akses informasi sangat gampang ya.. Biasanya mereka punya bucket list & kita bisa menyesuaikan untuk opsi request sendiri tersebut. Atau misalnya sekalian diberikan ke kami untuk organize (punya waktu / hari selama 1 minggu atau 12 hari) tolong di atur, yasudah bisa. Seandainya dari mereka acc, kita jalankan tapi lebih banyak sih yang request itinerary sendiri itu ya. Kebanyakan wisatawan mancanegara yang request itinerary sendiri. Ada sebagian yang dari wisatawan domestik. 

Q: Untuk waktu kunjungan rata-rata yang paling high season ada di bulan apa?
A: Untuk mancanegara di bulan Juni, Juli, Agustus Bang. Untuk domestik biasanya pada saat liburan-liburan Nasional (Akhir tahun, liburan Imlek, September, Desember – Januari)

Q: Banyak sekali mulai bermunculan beberapa pihak atau operator – operator wisata seperti Bang Berto bersama teman-teman ini, bagaimana untuk Indonesia Flores Tour tetap menjaga kualitas dan lebih mempromosikan layanan atau produk – produk dari Indonesia Flores Tour ini, Bang?
A: Kita butuh tanggung jawab terhadap pekerjaan kita sendiri, kita juga kerjasama dengan teman-teman yang sudah berpengalaman di lapangan. Untuk tetap bertahan di era teknologi yang semakin kencang, kita juga sesering mungkin promosi, word of mouth ke previous customer kita itu aja sampai sekarang Bang yang kita lakukan, selain sosmed ya.

Q: Apakah bisa nyebrang pulau Bang?
A: Bisa, tergantung ya. Misal dari Bali bisa ke Padangbai nyebrang ke Lombok – Sumbawa – Labuan Bajo. Disana mereka bisa cari sendiri atau contact tour operator lokal disana.

Q: Tips untuk wisatawan berkunjung ke Indonesia Timur apa Bang?
A: Flores itu sampai sejauh ini bukan yang kategori must tourism, lebih ke adventure (lebih ke petualangan). Petualangan seperti pendakian gunung merapi yang aktif, bagi yang suka alam (yang suka camping, pendakian). Yang paling mudah kalau waktunya 4 hari ke Labuan Bajo, mau melihat explore Kampung di atas Awan. Untuk pendakian kesana dibutuhkan fisik Bang 😀 fisik yang kuat. Kalau dari bulan April ke Oktober biasanya panas sekali disana jadi harus tahan matahari. Selain budgeting ya 😀

Q: Budget explore ke Flores kisaran berapa Bang?
A: Tergantung berapa hari ya 😀 rata-rata kalau 12 hari dari timur ke barat, solo maupun single traveler 12.500 atau 12.800 USD per orang sudah all in. Kalau di atas group kecil 1-5 orang atau 5-6 orang kisarannya 850 USD  atau 950 USD per orang.

Harapan & Kalimat Penutup dari Hubertus Jehaman – Owner Indonesia Flores Tour @indonesiaflorestour:

“Kalau di Flores bagian barat sentuhan dari Jakarta (pusat) sudah ada, sudah keliatan untuk bagian infrastruktur development. Saya dengar informasi dari 2 minggu yang lalu masih ada desas-desus Air Asia akan ada Internasional flight dari Singapore ke Labuan Bajo. Karena memang status bandara dari Labuan Bajo (Komodo) statusnya sudah internasional tapi untuk fisiknya mungkin ada beberapa perkembangan.”.

“Kita sih pengen tetap dari dulu dari para senior kami terdahulu yang menginginkan wisata-wisata timur ini yang sebetulnya orang bilang Labuan Bajo super premium, ya super premium yang kami harapkan alamnya. Semoga wisata di Indonesia bagian timur saya harapkan tetap terjaga karena kita concernnya itu di wisata alam & culture.”

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Indonesia Flores Tour. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

 

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *