Press "Enter" to skip to content

Temukan kisah inspiratif di balik salah 1 UMKM yang asal Yogyakarta, Power Skate Apparel @powerskateapparel – Sebuah UMKM yang tidak hanya menawarkan pakaian skate berkualitas, namun menjual kebutuhan sepatu roda, khususnya speed, dari baju, jersey dan skinsuitnya beserta produk lainnya. UMKM ini juga akan mendevelop produk spesial yaitu tas khusus untuk sepatu roda. Penasaran kan?

 Berikut ringkasan ngobrol santai bersama  Ferdian Mahardika – Owner dari Power Skate Apparel dan ikuti perjalanan menarik mereka dalam membangun brand ini dari Agustus 2022👇🏼

Power Skate masih seumur jagung sekitaran 1 tahun. Hanya saja di dunia bisnis tekstil dan printing saya sudah terjun di tahun 2015. Itu sebenarnya di tahun-tahun awal digital printing terutama untuk di kain ya. Mulai di tahun 2014 – 2015 masih awal-awal, saya mulai dikenalkan dengan coba untuk mengamati bisnisnya. Kebetulan, hobi saya itu kan di dunia olahraga yang banyak kaitannya dengan Apparel saking banyaknya. Dengan berkembangnya teknologi di dunia tekstil, banyak penemuan-penemuan kain khusus untuk olahraga. Dulu waktu jaman kita SD, dulu bahannya pakai kaos untuk olahraga. Sekarang yang pakai kaos pasti masuk angin 😀 sekarang bahannya Dry-fit memang khusus untuk olahraga. Semua macam cabang olahraga semua pakai bahannya Dry-fit. Dry-fit dikembangkan hanya bisa di printing. Syarat harus bisa di printing itu harus menggunakan bahan polyester. Setelah itu berkembang-berkembang, saya kok melihat di sisi bisnis ada kesempatan, kebetulan juga saya hidupnya berdekatan di dunia bisnis. Muncul lah intuisi untuk fokus berbisnis apparel ini.

Q: Dulu memang berangkatnya dari kaos konveksi biasa atau bagaimana?
A: Kalau dari sisi bisnis gak ada basic sama sekali. Cuman karena sudah terbiasa dengan beberapa macam usaha. Dan saya baru ngeh kalau potensinya ada, ada opportunity yang bisa di kembangkan. Saya coba mulai terjun, dengan modal gak tahu sama sekali. Cuman saya punya passion di olahraga yang sangat tinggi, jadi saya bisa mengikuti “oh kalau olahraga itu butuh baju yang seperti apa yang enak”, karena setiap cabang olahraga untuk kebutuhan apparel / bajunya berbeda semua meskipun pada dasarnya bahannya mungkin sama. Nah, disini cabang olahraga banyak sekali, segmen nya banyak, pemainnya sedikit.

Q: Kalau tadi Mas Ferdian sampaikan, peluang bisnis dilihat karena Mas Ferdian memiliki background macam olahraga, olahraga apa saja yang digeluti?
A: Wah, banyak ya. Mulai dari lari, sepeda (sepeda itu macam-macam ya) mulai dari BMX, Mini cross, Downhill, Roadbike.

Q: Dilihat dari perjalanan Apparel saat ini, sebenarnya produk-produk apa saja yang dijual?
A: Kalau untuk Power, diawali dengan kesenangan saya di sepatu roda. Sepatu roda itu ada kebutuhan khusus untuk Apparelnya atau equipmentnya. Mereka harus menggunakan baju yang fresh-fit. Fresh-fit itu harus menempel di kulit. Bahan yang dipakai juga harus khusus, ada kandungan elastisnya tinggi sampai sekitar 80% harus dari lycra. Ada scratch nya dan 4 arah itu harus memang karena di sepatu roda itu lombanya kan kecepatan. Mereka dibutuhkan aerodinamisnya, makanya berapa cabang olahraga yang memiliki kecepatan pasti apparelnya atau equipmentnya harus yang aerodinamis, melekat di kulit dan dipakai pun juga nyaman. Yang paling penting menyerap keringat dan cepat kering.

Q: Perbedaan untuk tipe cabang olahraga sesuai produk-produk dari Power Skate Apparel ini apa Mas?
A: Kalau di ceritakan mungkin agak susah ya 😀 Ini yang saya bawakan bahannya dari Lycra, bisa dilihat ini melar dan khusus untuk sepatu roda. Bisa untuk roadback yang criterium. Ini gak panas & nyaman. Kalau di compare dengan bahan yang sama gak panas, tapi jangan di compare dengan bahan yang berbeda misalnya katun, jelas gak bisa di compare ya karena peruntukannya berbeda. Ini ada jersey, untuk olahraga sepak bola dan futsal. Yang membedakan bentuk cuttingannya setiap cabang olahraga berbeda. Kalau olahraga lari cuttingannya tanpa lengan, kalau untuk basket bahannya agak longgar-longgar ya besar-besar. Dari bahan yang sama tapi peruntukannya di cabang olahraga kita menyesuaikan. 

Q: Kira-kira untuk model sudah berapa model Mas yang dibuat?
A: Kalau untuk model kita sudah ratusan, untuk di Power desain yang kita jual hanya 3pcs di setiap size. Kita munculkan desain baru setiap hari senin.

Q: Mas ferdian menyampaikan ke kami jika latar belakangnya ada di cabang olahraga, apakah Power Skate Apparel ini juga bisa menjalin komunikasi yang intens dengan Club atau yang bagaimana sehingga bisa sampai eksis sampai sekarang dan saya menyaksikan sendiri bahwa Power Skate Apparel live IGnya juga luar biasa ya banyak sekali interaksinya dan saya lihat juga showroomnya banyak sekali yang berkunjung. Bagaimana menjalin interaksi untuk meningkatkan & mengembangkan bisnisnya sampai sekarang?
A: Khusus untuk Power itu memang ada ciri tersendiri karena kita bangun tidak hanya di bisnis ini tapi juga di bisnis Jersey & Skinsuit ini. Tapi saya juga membangun ekosistemnya. Saya juga buat klub sepatu rodanya, juga buat eventnya, saya juga punya brand ambassador dari Power. Jadi, saya tidak hanya jualan tapi saya juga terlibat langsung di dalam pembibitan sampai saya ikut ke pengurus di Pengda sepatu roda sudah di 2 periode. Saya memang tahu betul lingkungannya, tidak hanya murni fisik tapi saya juga terjun ke cabang olahraganya salah satunya yaitu Sepatu roda. 

Q: Bagi teman-teman yang ingin melakukan pemesanan, apakah ada minimal ordernya Mas?
A: Sangat mudah sekali untuk di Power ya, kita tidak ada minimum, satu biji pun kita buatkan 😀 Dan kalau itu memang urgent, kita pernah ada salah 1 BUMN yang pesan hari ini besok sudah jadi, itu bisa.

Q: Untuk harga bagaimana?
A: Untuk standar harga yang kita buat itu sudah satuan. Justru kalau mau pesan banyak kita bisa kurangi (berikan diskon) 😀

Q: Adakah tips dari Mas Ferdian yang bisa di sharing hari ini, apa yang membuat Mas Ferdian yakin bahwa bisnis ini akan berkembang?
A: Mungkin setiap orang akan berbeda-beda ya, tapi 1 kuncinya itu temukan passionnya. Setelah itu konsisten, kalau itu jadi passionmu kamu akan ngerjainnya itu walaupun jatuh bangun gak akan terasa beratnya. Setelah itu kamu kerjakan terus menerus (konsisten), nanti akan tahu & akan jadi ahlinya.

Q: Pada sebuah perjalanan bisnis terkadang kita menemukan naik turunnya bisnis, kadang kala itu membuat sebagian para pelaku usaha untuk menyerah. Meskipun sudah mencoba melakukan suatu hal yang konsisten. Bagaimana Mas Ferdian menyikapinya?
A: Naik turun itu pasti ada, tapi ya itu tadi balik lagi kekuatan mental konsistennya memang diuji. Nah, selain itu memang konsisten kan istilahnya ibaratnya lebih harus disiplin, disiplin melakukan sesuatu yang terus menerus terukur pasti bosan. Untuk mengurangi bosannya itu harus kreatif. 

Q: Gimana tips untuk bisa kreatif?
A: Kreatif itu kita kadang-kadang butuh orang lain untuk meneruskan rantai estafetnya dalam berlari. Kita memang di hidup ini tidak bisa sendirian, pasti punya karyawan, partner, supplier. Kita bisa ngomong & ngobrol menciptakan sebuah komunikasi, lingkungan kerja yang nyaman. Yang jelas kolaborasi juga perlu dilakukan. 

Q: Di setiap bisnis ada kompetitor, tapi Mas Ferdian melihat itu bukan kompetitor atau bahkan mungkin bisa berkolaborasi atau gimana Mas?
A: Kompetitor itu ibarat saya sebagai pemacu adrenalin. Karena saya sering bertanding 😀 bertanding kalau gak ada lawan gimana sih rasanya? Mau kencang seperti apa larinya sampai finish ya biasa-biasa aja. Tapi begitu ada kompetitor kita tahu nih posisinya bagaimana mau ke depan atau ke belakang. Nah, kita punya adrenalin di situ. Itu dibutuhkan, jadi kita gak perlu takut. 

Q: Kalau saya liat Mas Ferdian menggunakan metode penjualan ya, saya lihat juga aktif lewat online ya & ada juga yang offline. Mengembangkannya sudah sejauh mana ini Mas untuk metode penjualannya?
A: Untuk metode penjualannya saat ini kita lakukan memang berawal dari hanya sosial media (Instagram). Terus otomatis jaringan dari saya sendiri sudah lama disitu, inilah yang aku katakan tadi kita harus bisa kreatif, ini harus gimana lagi, mungkin ya namanya kolaborasi harus butuh kesana, butuh kesini. Sebagus apapun produknya kalau tidak ada sale, ya nothing 😀

Q: Titik terendah yang dialami Power Skate Apparel apa Mas saat menjalani bisnis?
A: Kalau di Power terus terang belum ada. Kita tidak mengalami itu, mudah-mudahan enggak. Karena kita umurnya baru 1 tahun. Dan pengalaman saya jika ini tidak ada masalah atau tidak ada kendala yang signifikan selama 3 tahun, ini pasti bisnisnya jalan terus 🙂

Q: Power Skate Apparel juga menyelenggarakan Event ya saya lihat dokumentasi-dokumentasinya di Instagram. Sampai saat ini dengan tips seperti itu apakah cukup memang bisa mendorong dari sisi salesnya Power Skate Apparel Mas?
A: Untuk bikin event, gak tau ya ada 1 sisi lain 😀 Event sendiri pun kita buat memang bener-bener profesional dan gak ada nombok sekali 😀 itu 1 sisi bisnis lain 😀 Itu yang saya bilang ekosistem. Itu saya belajar dari Kumendan 😀 

Q: Wah dikasih bocoran, katanya belajarnya dari Kumendan 😀 Kumendan itu siapa? Kumendan itu adalah CEO dari iPaymu 😀
A: Iya, ekosistem itu harus dibuat. Kita gak bisa berdiri sendiri. Harus ada supportnya belakang atas bawah. Kalau dalam lingkungan kecil, itu namanya keluarga. Otomatis 2 orangtua, istri, anak dan lainnya, itu sistemnya.

Berikut Pesan dari Ferdian Mahardika – Owner dari Power Skate Apparel 👇🏼

“Untuk memulai usaha harus selalu berawal dari passion yang cukup kuat ya, harus konsisten & disiplin, inovasi serta berkolaborasi.”

Contact Power Skate Apparel:
Instagram: https://www.instagram.com/powerskateapparel/
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 857-2572-2772
📍Jl. Tamansiswa 150F Mergangsan Yogyakarta 

Nah, itu dia ringkasan pembahasan di #iPaymuTalk bersama Power Skate Apparel. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di sosial media kami: Instagram, Youtube & Tiktok iPaymu 🥳🔥

Tetap saksikan #iPaymuTalk setiap hari jumat, live di Instagram iPaymu jam 14.00 WIB!

Ikuti sosial media iPaymu untuk informasi dan tips lainnya!
Instagram: @ipaymu_id
Facebook: iPaymu
Email: [email protected]
WhatsApp Support iPaymu: klik link berikut https://wa.link/p8vnr7

#PaymentGatewayKereniPaymu
#PaymentGatewayTerbaikiPaymu
#PaymentGatewayIndonesiaiPaymu
#iPaymuVerySmart

Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *